The story of Soichiro Honda part l

Posted by Simol

        Lama tak buat artikel bingung mau mulainya dr mana,ok! langsung saja, kali ini simolblog mau ngomongin soal sejarah,sejarah tentang orang hebat,inspirator dan juga seorang yg pantang menyerah.
Orang tersebut datang dr negeri nan jauh di sana,tepatnya negeri jepang dia adl Soichiro honda,pendiri honda corporation.
Mungkin sudah banyak yg tahu sejarah beliau tp tak ada salahnya jk saya menulisnya kembali dan kali ini simolblog akan mengulasnya lbh dalam lagi.

             Oh..iya,kisah soichiro honda kali ini saya sadur dr sebuah buku malah bs di bilang komik karena full gambar karya jinpachi mouri dan gambar oleh shinji hikino yg di sadur ke dlm bhs Indonesia dan di terbitkan oleh PT.astra prospect motor tahun 2002.

Tapi sebelum memulai kisah ttg soichiro honda mari kita mulai ttg kisah permobilan di jepang,karena dr sinilah sejarah ttg honda di mulai.

        Kisah di mulai tahun 1900  klub jepang di san frasisco mengirim sebuah mobil utk putra mahkota jepang,di masa inilah mobil pertama di jepang di datangkan. Mobil tsb masih menggunakan tenaga baterai utk menyimpan tenaga listrik,tp sayang mobil tsb tdk bs di isi ulang menggunakan jaringan listrik tokyo (mungkin kalo di sini namanya PLN ya!!😀 ) karena sistem kerjanya yg berbeda,akhirnya di serahkan ke perusahaan takada (PLN swasta mungkin😀 ) utk mengisinya.

         Tahun 1901 di ginza,tokyo,berdiri perusahaan bernama perusahaan dagang motor dan memulai mengimpor mobil uap ke jepang.
Tahun 1902 bangsawan bernama Okura berhasil mjd juara 2 pd balapan mobil di brookland,inggris.
Tahun 1904 Torao yamabene mencoba membuat mobil uap dan berhasil di uji coba.
Tahun 1907 mobil buatan dlm negeri pertama di buat,perusahaan mobil tokyo memproduksi 12 unit mobil bermesin bensin pertama di.jepang yg di namakan mobil type yoshida.

       Tahun 1906 di provinsi shizuoka desa komyo saat industri mobil jepang baru hendak melangkah lahirlah Soichiro honda anak pertama dr gihei honda yg seorang pandai besi.
Tahun 1917 soichiro baru berumur 11th inilah pertama kali dia melihat mobil.
Pada tahun 1915 di mana soichiro beranjak dewasa jumlah kendaraan bermotor di seluruh jepang masih 873 unit kendaraan penumpaang dan 24 unit kendaraan barang dan saat itu mobil hanya bs di miliki oleh orang2 tertentu saja.

           Tahun 1919 soichiro berumur 13 th,pd saat itu di lapangan hamamatsu lapangan latihan militer jepang berlangsung pertunjukan aerobatik oleh art smith,inilah pesawat terbang pertama yg di lihat soichiro honda.

       Tahun 1922 soichiro berumur 16th saat sedang membantu ayahnya me mandai besi ayahnya bertanya kepada soichiro akan melanjutkan sekolah kemana,tanpa di nyana soichiro tidak mau melanjutkan sekolah,menurut dia sekolah tdk ada gunanya.
Ayahnya bertanya apakah dia jg mau mjd pandai besi,ternyata soichiro ingin mjd mekanik mobil karena itulah dia tdk mau membuang waktu.
     Tahun 1922 soichiro berangkat menuju tokyo utk mjd mekanik pemula di bengkel art yg berada di yushima,tokyo.

image
Soichiro honda saat remaja

* ada dua versi cerita mengenai bagai mana soichiro melamar kerja di bengkel art.
Versi pertama dia melamar sendiri setelah melihat iklan di surat kabar dan versi ke dua Adl melalui kenalan ayahnya yg bernama sone. Kala itu sone memiliki mobil dan sllu melewati desa soichiro utk berburu. Menurut cerita soichiro sllu mengejar mobil sone tsb.

Tapi ternyata awal bekerja di bengkel art tdk seperti yg soichiro harapkan,dia hanya di beritugas utk mengasuh anak dan membersihkan bengkel,ketika dia mendekat utk melihat para mekanik memperbaiki mobil malah omelan yg dia dapat. Tapi soichiro tdk putus asa dia memutuskan utk belajar mesin mobil dr buku dan melihat mekanik lainya memperbaiki mobil.

      Berkat kesabaran dan ketekunanya hari yg ditunggu2 akhirnya pun tiba,ketika dia sedang sibuk membersihkan bengkel tiba2 manejer benkel art memanggilanya,dia di suruh membantu di bengkel karena bengkel sedang sibuk.
Mobil pertama yg mjd tugasnya adl ford model T. sebagai catatan ford model T adl mobil amerika yg sangat terkenal,sejak pertama kali di perkenalkan pd th 1908 Tlh terjual sebanyak 15 jt unit (wow) dlm kurun waktu 20 tahun (wow lagi😀 )..kunci keberhasilan ford adl sistem produksi massal yg pertama di dunia dan penurunan harga. Mobil yg tadinya hanya di miliki orang2 kaya,berkat produksi massal bs di miliki oleh orang kebanyakan dan model T inilah yg mewujudkanaya,kekuatan mesin 4 silindernya adl 20hp dan struktur mesinya di buat sederhana dan suku cadangnya pun dibuat murah dan gampang dlm penggunaanya,betul2 mobil rakyat (hmm..termasuk LCGC kah??😀 ).

image

image
Ford type T

   Perbaikan pertama yg di lakukan soichiro hanyalah membersihkan salju yg menutupi bagian bawah mesin,tp mobil inilah mobil bersejarah yg akan mengawali era motorisasi dari seorang soichiro honda.

      Tahun 1924 soichiro di kirim oleh bengkel art ke provinsi iwate kota morioka utk memperbaiki sebuah mobil (pd saat itu soichiro berumur 18th ). Orang di sana tdk percaya kalau soichiro bs memperbaiki mobil mungkin karena usianya yg masih saat muda.
Penyebab kerusakan mobil tsb adl blok mesin yg pecah karena hawa dingin.

* tdk ada catatan ttg langkah perbaikanya,konon perbaikanya memakan waktu 3 hari,kalau di telusuri dr cara kerja bengkel art waktu itu kemungkinan suku cadang mesinya di buat ulang kmdian di rakit kembali.

Dan alangkah terkejutnya orang2 ketika mesin ternyata hidup dan mereka pun bersorak,setelah itu mereka percaya akan kemampuan hebat soichiro.

      Tahun 1928 soichiro honda berusia 22 th dia berhasil menyelesaikan masa pelatihanya selama 6 tahun dan pulang ke hamamatsu karena di izinkan oleh direktur utk membuka cabang benkel art, waktu itu pegawainya hanya satu dan dia mjd kepala bengkel.

Begitulah kira2 gambaran soichiro honda dr muda sampai remaja,bagaimana semangat belajarnya yg tinggi berlahan lahan mulai menampakan hasilnya.
Sementara Sampai sini dulu ya, untuk kelanjutanya tunggu part ll.

Selamat menunggu…….

                😀

       

komentarlah walau terpaksa🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s