The story of Soichiro Honda part l

7 Mar wpid-Soichiro+12+tahun.jpg

Posted by Simol

        Lama tak buat artikel bingung mau mulainya dr mana,ok! langsung saja, kali ini simolblog mau ngomongin soal sejarah,sejarah tentang orang hebat,inspirator dan juga seorang yg pantang menyerah.
Orang tersebut datang dr negeri nan jauh di sana,tepatnya negeri jepang dia adl Soichiro honda,pendiri honda corporation.
Mungkin sudah banyak yg tahu sejarah beliau tp tak ada salahnya jk saya menulisnya kembali dan kali ini simolblog akan mengulasnya lbh dalam lagi.

             Oh..iya,kisah soichiro honda kali ini saya sadur dr sebuah buku malah bs di bilang komik karena full gambar karya jinpachi mouri dan gambar oleh shinji hikino yg di sadur ke dlm bhs Indonesia dan di terbitkan oleh PT.astra prospect motor tahun 2002.

Tapi sebelum memulai kisah ttg soichiro honda mari kita mulai ttg kisah permobilan di jepang,karena dr sinilah sejarah ttg honda di mulai.

        Kisah di mulai tahun 1900  klub jepang di san frasisco mengirim sebuah mobil utk putra mahkota jepang,di masa inilah mobil pertama di jepang di datangkan. Mobil tsb masih menggunakan tenaga baterai utk menyimpan tenaga listrik,tp sayang mobil tsb tdk bs di isi ulang menggunakan jaringan listrik tokyo (mungkin kalo di sini namanya PLN ya!! :D ) karena sistem kerjanya yg berbeda,akhirnya di serahkan ke perusahaan takada (PLN swasta mungkin :D ) utk mengisinya.

         Tahun 1901 di ginza,tokyo,berdiri perusahaan bernama perusahaan dagang motor dan memulai mengimpor mobil uap ke jepang.
Tahun 1902 bangsawan bernama Okura berhasil mjd juara 2 pd balapan mobil di brookland,inggris.
Tahun 1904 Torao yamabene mencoba membuat mobil uap dan berhasil di uji coba.
Tahun 1907 mobil buatan dlm negeri pertama di buat,perusahaan mobil tokyo memproduksi 12 unit mobil bermesin bensin pertama di.jepang yg di namakan mobil type yoshida.

       Tahun 1906 di provinsi shizuoka desa komyo saat industri mobil jepang baru hendak melangkah lahirlah Soichiro honda anak pertama dr gihei honda yg seorang pandai besi.
Tahun 1917 soichiro baru berumur 11th inilah pertama kali dia melihat mobil.
Pada tahun 1915 di mana soichiro beranjak dewasa jumlah kendaraan bermotor di seluruh jepang masih 873 unit kendaraan penumpaang dan 24 unit kendaraan barang dan saat itu mobil hanya bs di miliki oleh orang2 tertentu saja.

           Tahun 1919 soichiro berumur 13 th,pd saat itu di lapangan hamamatsu lapangan latihan militer jepang berlangsung pertunjukan aerobatik oleh art smith,inilah pesawat terbang pertama yg di lihat soichiro honda.

       Tahun 1922 soichiro berumur 16th saat sedang membantu ayahnya me mandai besi ayahnya bertanya kepada soichiro akan melanjutkan sekolah kemana,tanpa di nyana soichiro tidak mau melanjutkan sekolah,menurut dia sekolah tdk ada gunanya.
Ayahnya bertanya apakah dia jg mau mjd pandai besi,ternyata soichiro ingin mjd mekanik mobil karena itulah dia tdk mau membuang waktu.
     Tahun 1922 soichiro berangkat menuju tokyo utk mjd mekanik pemula di bengkel art yg berada di yushima,tokyo.

image

Soichiro honda saat remaja

* ada dua versi cerita mengenai bagai mana soichiro melamar kerja di bengkel art.
Versi pertama dia melamar sendiri setelah melihat iklan di surat kabar dan versi ke dua Adl melalui kenalan ayahnya yg bernama sone. Kala itu sone memiliki mobil dan sllu melewati desa soichiro utk berburu. Menurut cerita soichiro sllu mengejar mobil sone tsb.

Tapi ternyata awal bekerja di bengkel art tdk seperti yg soichiro harapkan,dia hanya di beritugas utk mengasuh anak dan membersihkan bengkel,ketika dia mendekat utk melihat para mekanik memperbaiki mobil malah omelan yg dia dapat. Tapi soichiro tdk putus asa dia memutuskan utk belajar mesin mobil dr buku dan melihat mekanik lainya memperbaiki mobil.

      Berkat kesabaran dan ketekunanya hari yg ditunggu2 akhirnya pun tiba,ketika dia sedang sibuk membersihkan bengkel tiba2 manejer benkel art memanggilanya,dia di suruh membantu di bengkel karena bengkel sedang sibuk.
Mobil pertama yg mjd tugasnya adl ford model T. sebagai catatan ford model T adl mobil amerika yg sangat terkenal,sejak pertama kali di perkenalkan pd th 1908 Tlh terjual sebanyak 15 jt unit (wow) dlm kurun waktu 20 tahun (wow lagi :D )..kunci keberhasilan ford adl sistem produksi massal yg pertama di dunia dan penurunan harga. Mobil yg tadinya hanya di miliki orang2 kaya,berkat produksi massal bs di miliki oleh orang kebanyakan dan model T inilah yg mewujudkanaya,kekuatan mesin 4 silindernya adl 20hp dan struktur mesinya di buat sederhana dan suku cadangnya pun dibuat murah dan gampang dlm penggunaanya,betul2 mobil rakyat (hmm..termasuk LCGC kah?? :D ).

image

image

Ford type T

   Perbaikan pertama yg di lakukan soichiro hanyalah membersihkan salju yg menutupi bagian bawah mesin,tp mobil inilah mobil bersejarah yg akan mengawali era motorisasi dari seorang soichiro honda.

      Tahun 1924 soichiro di kirim oleh bengkel art ke provinsi iwate kota morioka utk memperbaiki sebuah mobil (pd saat itu soichiro berumur 18th ). Orang di sana tdk percaya kalau soichiro bs memperbaiki mobil mungkin karena usianya yg masih saat muda.
Penyebab kerusakan mobil tsb adl blok mesin yg pecah karena hawa dingin.

* tdk ada catatan ttg langkah perbaikanya,konon perbaikanya memakan waktu 3 hari,kalau di telusuri dr cara kerja bengkel art waktu itu kemungkinan suku cadang mesinya di buat ulang kmdian di rakit kembali.

Dan alangkah terkejutnya orang2 ketika mesin ternyata hidup dan mereka pun bersorak,setelah itu mereka percaya akan kemampuan hebat soichiro.

      Tahun 1928 soichiro honda berusia 22 th dia berhasil menyelesaikan masa pelatihanya selama 6 tahun dan pulang ke hamamatsu karena di izinkan oleh direktur utk membuka cabang benkel art, waktu itu pegawainya hanya satu dan dia mjd kepala bengkel.

Begitulah kira2 gambaran soichiro honda dr muda sampai remaja,bagaimana semangat belajarnya yg tinggi berlahan lahan mulai menampakan hasilnya.
Sementara Sampai sini dulu ya, untuk kelanjutanya tunggu part ll.

Selamat menunggu…….

                 :D

       

komentarlah walau terpaksa :)

Cuma nonton Tv di bayar??

6 Dec

Posted by : mas simol

           Cuma nonton Tv di bayar?? What??……
mungkin kedengaranya mustahil tp ternyata memang ada (just my opini). Padahal kita sllu memimpikan pekerjaan yg seperti itu,cuma dg ongkang2 kaki bisa dpt duit :D

           Kerja yg kerjaanya cuma nonton Tv yaitu karyawan KPI (komisi penyiaran indonesia ) yg tugasnya mengawasi penyiaran (acara) di Tv2 indonesia agar tdk terjadi penyimpangan2 isi konten yg tdk sesuai dg aturan.

image

Suasana kerja di kpi

         Terdengar gampang dan simpel sih…,tp sebenarnya tugas mereka cukuplah berat karena selama kerja seharian mereka harus melototin layar Tv tanpa berkedip :D (analisis ngawur).
Gimana ga berat lah wong mereka di tuntut untuk sllu fokus,bayangkan misal karyawan A sedang memantau acara komedi semisal OVJ yg tingkah polah wayangnya sangat sangatlah gokil binti lucu tp si karyawan cuma bs melotot diem tanpa boleh tertawa,apa gak mati terduduk tuh karyawan :D
Belum lg kalo karyawan tsb adl maniak dangdut dan pas apesnya hari itu dia harus memantau acara musik dangdut.

Bayangkan kalo anda adl FBD (fans berat dangdut)….

    Ketika anda mendengar suara gendang yg mendentak,melihat goyangan biduan yg aduhai yg membuat hasrat dangdut anda bergejolak dan seluruh badan ingin bergoyang mengikuti irama gendang di tambah mulut ingin bergumam menirukan lantunan lagu mba biduan yg sedang bernyanyi tp apa daya raga ini hanya bs terdiam pasrah tak berdaya kaya kebo yg di cucuk hidungnya,gmana??

Miriskan…. :(

   Sungguh sangatlah berat tugas mereka.

      Masih mimpi kerja yg cuma ongkang2 ngangkang terus duit datang sendiri??kayaknya cuma mimpi deh…
jadi cintai dan syukurilah apapun pekarjaan anda yg penting halal,tak ada pekerjaan yg benar2 gampang bahkan jd seorang bos besarpun tak segampang kedengaranya.
Yang menjadikan pekerjaan itu gampang adl jk kita mencintai pekerjaan kita apapun itu :)

     Saya bukanlah mario teguh tp saya yakin mario teguh akan setuju dg kata2 saya :)

NB: Tidak semua karyawan KPI kerjaanya cuma melototin Tv,itu hanya sebagian kecil dr tugas mereka.

komentarlah walau terpaksa :)

Obrolan ringan di kala senja.

6 Dec

Posted by Mas Simol
   
          Lama g nulis sampai2 password blog ane lupa,untung akhirnya ingat dan bs nulis kembali,alhamdulilah….

Sebenarnya obrolan ini telah lama terjadi tp ane sangat tergelitik untuk menulisnya kembali di blog.
Jadi gini pas waktu di masjid tepatnya ba’da shalat maghrib ane duduk2 dulu di teras depan mesjid ngobrol ngalor ngidul ga jelas bareng temen,sampailah di titik obrolan ringan tersebut.
Temenku bilang kalau dia pengen jd pengangguran sukses,dia telah lama nganggur tp belum jg sukses2,terus aku bilang padanya “mungkin kamu kurang giat dalam menganggur”.

       Jangan terlalu di anggap itu kan cuma obrolan g jelas bwt menceriakan suasana semata. Tp sebenarnya obrolan td kalo di telaah lbh dlm ternyata  ad sisi positif nya jg ko
Bahwa sesuatu yg kita tekuni harus kita lakuakan giat dan lbh giat lg agar sesuatu itu sesuai dg apa yg kita harapkan.

So…anda pengen jd pengangguran sukses?? Giat/rajin adl kuncinya hehe…

                     :D

image

komentarlah walau terpaksa :)

Yui :)

3 Jun

   Akhir2 ini ane punya kegemaran baru yaitu nonton film dan kebetulan film yg ane tonton adl film drama.
Nah…saat browsing ane ketemu film jepang,saya baca sinopsisnya dan ternyata ceritanaya menarik,lansung dh ane download.
Tp kali ini ane g mau ngebahas soal cerita film ini,tp ane mau bahas pemeran utama cewek di film ini dan kebetulan banget doi cantik :D.
Tp bukan cantiknya yg mau ane bahas tp ada hal lain yg membuat ane pribadi tertarik pd sosok cewek cantik ini,jd apanya donk??

Tenang…Tenang kan jiwa anda….
   

image

cantik kan!!

   

     Di cerita film ini doi di ceritakan sbg sosok gadis cantik namun doi mempunyai sebuah penyakit langka,apa bila terkena sinar matahari langsung doi bs mati.
Tapi ternyata di balik sakitnya dia,doi punya bakat besar di bidang musik,doi ternyata jago banget main gitar dan jg nyiptain lagu.
Tiap malam doi keluar rumah untuk mencari inspirasi buat nyiptain lagu.

Lho… ko akhirnya malah bahas filmnya,yo wes lh sudah terlanjur mau di hapus ya sayang :D

Jd gini…
Ane kepincut sama lagu dan gayanya dia waktu main gitar,saat main gitar doi selalu duduk sila di lantai sambil mejamin mata dan tak lupa doi sllu menyalakan lilin kecil.
Tp yg bikin ane sedih :( ane g tahu siapa nama nya dan apa judul lagunya yg ane tahu cuma judul filmnya,maklum filmnya pakai huruf balok semua :)
     

image

     

image

 
   Karena penasarn ane bertekad untuk mencari tahu siapa dia sebenarnya,dg sedikit ilmu detective yg ane miliki sisa2 nonton film detective conan semalam,ane memberanikan diri utk searching di gugel (lebay),  butuh waktu lama untuk untuk mencarinya,tp pd akhirnya dg perjuangan keras ane berhasil menemukan siapakah dia.

  Ternyata doi sebenarnya bukan cuma seorang aktris film tp ternyata doi jg seorang penyanyi,oalah…pantes main gitarnya ngena banget.
Jadi siapakah nama dia sebenarnya?? Dia bernama yui,nama panjangnya ane g tahu dan judul lagunya adl good bye days.

    

image

    

image

Buat yg penasaran silahkan di download lagunya di jamin ajib deh…
Atau mau download filmya jg boleh,judul filmnya adl Hagakura Midnight Sun.

Selamat bersenang2 agan2 semua,ane mau dengerin lagu indahnya neng yui dulu
:D

Ternyata Orang Indonesia itu Hebat !!

4 Apr

image

       Lihatlah foto di atas,Inilah yang dunia lihat tentang foto
tersebut,Tetapi sadarkah anda ada
bayangan yang tertutup dalam foto
tersebut ??
Sekarang mari
kita lihat foto sebenarnya !!!!

Taadaaa……

image

        Ternyata Salah satu fakta bahwa orang
Indonesia lebih hebat dari pada orang
Amerika.
kenyataan adl bahwa
Orang Indonesia lah sebagai manusia
yang pertama menginjakan kakinya di
bulan bukan orang amerika!! Dan Ternyata Pak Slamet Duluan
Yang Sampe Di Bulan, Bukan Neil
Amstrongg.

Wallaaaahh……

Pantesan hari-hari berikutnya di
Headline surat kabar kita waktu itu
judulnya : “Neil Amstrong telah berhasil
mendarat di bulan dengan Selamet“.

Hidup pak Slamet !!

:D

Cuma sekedar berbagi tawa,kata orang pintar tertawa itu menyehatkan,tp berhubung saya bukan orang pintar jd anda jangan terlalu percaya ya !!

:)

Bahagia yg paling mudah adl dg tertawa.

Selamat Berbahagia.

Posted from WordPress.

@Ironi Sang Bawang.

18 Mar

image

    kisah ini di awali saat perut lapar,karena lapar meluncurlah saya ke tukang nasi goreng terdekat.
Kali ini saya pesan nasi goreng special,setelah menunggu kurang lebih 15 menit datanglah nasi goreng yg di tunggu,tetapi ada yg aneh saudara2……
Apa itu ????
Di pandangan saya nasi goreng ini tidak ada yg special,sama saja bentuk nya dg nasi goreng yg non special,beragam benda2 variasinya macam telor dan acarpun sama dg nasgor non special,jd apanya yg special??

     Tiba2 dr dlm hati terdengar suara menggerutu”wah….ada yg g beres nh,apa abangnya galau gara2 harga bawang bersaudara naik??”
Tanpa pikir panjang langsung saja saya interupsi ke abangnya…
Bang!! Saya td pesan nasi goreng special,ko ini g ada special2 nya bang??

Sambil senyum2 si abangnya bilang “ya itu nasi goreng special nya mas!!
Apanya yg special ??tanya saya..

Special pakai bawang mas!!
:)

Wah…. bener2,sekarang ini si bawang bersaudara sudah mjd barang mewah,sampai2 masakan  special adl masakan yg menggunakan bawang,Weleh…weleh…

:)

*Cerita di atas hanyalah fiksi.

   Akhir2 ini memang sang bawang sukses membuat galau seluruh masyarakat indonesia khususnya ibu2. Bagaimana tdk, harga bawang yg tadinya bersahabat kini malah balik mjd musuh mencekik dan menteror dompet ibu2 .
Al hasil para ibu mengurangi pembelian bawang, akibatnya para suami dan anak2 pd berdemo di dapur menuntut masakan kembali enak,kikikki lebay..

Tp tenang!!

buat para ibu2 jngan pada galau ya karena harga bawang yg melambung ,nh…ane mau bagi2 tips buat ibu2 sekalian…
Kita bs ko bikin masakan enak tanpa bawang,g percaya??
Seperti kata pepatah “tak ada rotan akar pun jd,
tak ada bawang daun bawang pun jd “.l

:)

Yup…cukup menggunakan daun bawang mk masakan laksana se lezat menggunakan bawang.

:)

Buat ibu2 selamat mencoba dan buat bapak2 selamat karena bs kembali makan enak :)

bawang boleh mahal tp daunya ttp murah ko…

:)

Posted from WordPress.

Becak Motor Khas Kebumen.

22 Feb

   

image

becak motor pd umumnya.

Bagi sebagian besar orang ketika mendengar kata “becak motor” pasti yg ada di benak mereka adl becak yg menggunakan sepeda motor.
Tapi bagi masyarakat kebumen ketika mendengar becak motor mk yg langsung muncul di fikiran mereka bukanlah becak yg menggunakan sepeda motor,melainkan….

Tadaaa…

image

becak motor khas kebumen

Yup!! Ini dia si becak motor khas kebumen, tapi..mana motornya?? Ya…ini khas nya becak motor ala kebumen,tak ada sepeda  motornya tp yg ada malah mesin giling tepung,kikiki…

:)

   Di kabupaten kebumen semua becak motor tdk menggunakan sepeda motor melainkan menggunakan mesin penggiling tepung atau mesin pompa air kaya punya pak tani yg buat ngairin sawah,weleh…weleh…. kreatif ya!! Tp tenang saudara2…msh ada jg ko yg masih pakai becak sehat alias becak ngontel utawi becak gowes.
Jd kalo yg males pakai bentor(becak motor) bs naik becak gowes.

image

penampakan mesin gilingan tepung :)

     Sebenarnya becak sperti ini tak cuma ada di kebumen saja,di kota lain seperti purworejo jg ada, cuma jumlahnya tak sebanyak yg ada di kebumen.
Pemkot kebumen memperkirakan jumlah becak motor di kebumen sudah mencapai 2000-3000 Unit (apa g capek yg ngitung),weleh…weleh…jumlah yg fantastis menurut saya.

image

image

image

    Becak motornya jg keren2 lho…
Mereka mendandani becak mereka sekeren mungkin,ini salah satunya…

image

kerenkan modifikasinya??

Sebenarnya banyak becak motor yg di modif keren2, cuma ane g punya dokumentasinya.
Ini saja hasil ngubek2 google seharian tp cuma dikit dapat gambarnya.
:(
Jd…yg penasaran dg becak motor khas kebumen,kalian bs datang lansung ke kebumen,di jamin g nyesel dh…
Ane saja g nyesel ko tinggal di kebumen
:)

     Yg perlu di ingat!! Walaupun naik becak,abang tukang becaknya ttp safety riding ko…

image

keep safety dg helm SNI

Oh…iya!!kecepatan si bentor ini kira 30-40km/jam dan bs mengangkut beban maximal +- 2 kwintalan.
Lumayan perkasa kan!!
Cukup segitu saja dulu,lain kali di sambung lagi.

Monggo di kunyah kunyah….

Yang komen masuk syurga!

Yang baca masuk syurganya belakangan!

Yang alay g masuk syurga tp maacuk chuUlga!

:)

Posted from WordPress.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.